728x90 AdSpace

Artikel Terbaru

Hangeul

Hangeul adalah huruf yang digunakan di negeri ginseng Korea, dan diciptakan oleh Raja Sejong Yang Agung pada masa dinasti Joseon. Pada sejarahnya kebanyakan masyarakat Korea menggunakan Hanja (Aksara Tionghoa) untuk aksara menulis namun karena keterbatasannya dan Hanja sendiri tidak bisa secara tepat mengungkapkan bahasa Korea maka Raja Sejong yang merupakan pemimpin sekaligus ilmuwan menciptakan Hangeul yang lebih klop untuk bahasa mereka. Berita ini tertulis dalam Tulisan di Sejong Sillok, volume Joseon Wangjo Sillok (Babad Joseon) tanggal 30 Desember tahun ke-25 masa Sejong bertahta, berbunyi :
“Bulan ini, Raja telah menciptakan 28 aksara Onmun (aksara tutur) secara pribadi...Walau sederhana dan ringkas, aksara ini mampu menghasilkan variasi-variasi tak terhingga dan dinamakan Hunmin Jeongeum.”Hunmin Jeongeum adalah nama asli dari Hangeul. Hunmin Jeongeum berarti “Suara yang tepat untuk diajarkan kepada rakyat” namun sekarang namanya diganti menjadi Hangeul. Han berarti Agung, dan Geul berarti Huruf atau tulisan (lebih sederhana dan mudah dihapal)
Dari tulisan Sejong Sillok disebutkan bahwa Raja Sejong menciptakan 28 huruf yang terdiri dari 17 konsonan dan 11 vokal. Tapi 3 konsonan dan 1 vokal sudah dihapuskan jadi tersisa 14 konsonan dan 10 vokal yang saat ini masih sering digunakan.

Konsonan tunggal

ㄱ · ㄴ · ㄷ · ㄹ · ㅁ · ㅂ · ㅅ · ㅇ · ㅈ · ㅊ · ㅋ · ㅌ · ㅍ · ㅎ

Vokal tunggal

ㅏ · ㅑ · ㅓ · ㅕ · ㅗ · ㅛ · ㅜ · ㅠ · ㅡ · ㅣ


Adapun huruf-huruf lainnya seperti vokal rangkap atau konsonan rangkap adalah merupakan hasil dari variasi cara penulisan Hangeul.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hangeul Rating: 5 Reviewed By: Suwon center jakarta