728x90 AdSpace

Artikel Terbaru

Tteokgalbi (떡갈비)


Ada dua tahun baru bagi masyarakat Korea, yaitu tahun baru pada tanggal 1 Januari masehi dan tahun baru imlek.
Tahun baru berdasarkan penanggalan masehi itu biasanya disebut Sinjeong sedangkan tahun baru imlek disebut Seolnal atau Gujeong. Bangsa Korea awalnya hanya merayakan tahun baru imlek itu tapi pada zaman penjajahan Jepang mereka dipaksa oleh Jepang merayakannya pada tanggal 1 Januari seperti dilakukan di Jepang.
Karena itu, masyarakat Korea merayakan 2 tahun baru, Sinjeong dan Gujeong hingga tahun 1985. Kini ada yang merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari tapi kebanyakan masyarakat Korea merayakan Seolnal berdasarkan penanggalan lunar.
Namun demikian tahun baru tanggal 1 Januari yang disebut Sinjeong juga memiliki makna sebagai hari pertama tahun baru bagi masyarakat Korea. Hari itu ditetapkan hari nasional dan masyarakat Korea merayakannya dengan berbagai cara yang unik dan istimewa.
Masyarakat Korea mempunyai satu kebiasaan memakan Tteoguk jenis sup dari kue beras yang disebut Garaetteok. Dengan memakannya mereka menganggap baru menambah umur satu tahun pada tahun baru. Selain Tteokguk itu, beberapa jenis masakan lain disediakan juga untuk jamuan makan tahun baru.
Salah satunya adalah Tteokgalbi dari daging sapi. Masakan daging ini dikenal sebagai masakan istana. Galbi adalah iga sapi dan biasa dimakan dengan memegang tulang itu dengan tangan. Cara makan seperti itu dianggap tidak sesuai bagi raja yang berwibawa.
Karena itu dayang-dayang istana melepaskan daging yang ditempel tulang itu lalu dihaluskan dan dibumbui. Kemudian dibakar dan digulungi dengan tulang sapi. Dengan penyajian seperti itu sang raja dapat menikmatinya dengan mudah dan rapi.
Karena dagingnya dihaluskan sebelum dimasak, maka Tteokgalbi ini sangat empuk dan manis sampai digemari baik anak maupun lansia.
Bahan-bahan :
600g daging sapi yang digiling
3 sdm kecap asin
3 sdm sari buah pir
1 sdm madu
3 sdm daun bawang cincang halus
1 sdm bawang putih cincang halus
1/2 sdm gula pasir
1/2 minyak wijen
3 sdm bubuk beras ketan
1 sdm biji wijen
sedikit garam dan lada
Cara membuat :
1. Bumbui daging sapi dengan kecap asin, sari buah pir, madu, bawang putih, daun bawang, gula pasir, minyak wijen, dan lada
2. Aduk dengan merata sampai bumbu-bumbu meresap daging
3. Bulatkan adonan daging dengan satu ukuran
4. Panaskan wajan dengan 1 sdm minyak goreng
5. Goreng adonan daging dengan membalik
6. Sajikan dengan nasi hangat
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tteokgalbi (떡갈비) Rating: 5 Reviewed By: Suwon center jakarta